APEL SIAGA DAN SIMULASI PERALATAN TEKNIS BENCANA PROVINSI PAPUA

Jayapura 15 Mei 2024 bertempat di halaman Kantor Gubernur Provinsi Papua, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua melaksanakan Kegiatan Apel Siaga Dan Simulasi Peralatan Teknis Bencana dalam rangka Hari Kesiapsiangaan Bencana Nasional 26 April 2024. Apel Siaga Dan Simulasi Peralatan Teknis Bencana ini dihiadiri langsung Oleh Bapak PJ. Sekda Provinsi Papua dan beberapa SKPD dan Mitra yaitu :
1. BPBD Provinsi Papua
2. BPBD Kota Jayapura
3. BPBD Kabupaten Jayapura
4. BPBD Kabupaten Keerom
5. BASARNAS
6. Tim TRC Provinsi Papua
7. AKADEMISI :
– RS Marthen Indey
– Poltekkes Uncen
8. RAPI/ORARI
9. DAMKAR
10.TNI AD
11.POLRI (POLDA PAPUA)

Wilayah Indonesia yang secara Geofrafis adalah Wilayah Rawan Bencana sehingga menjadi tugas Negara untuk melindungi bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari bencana sesuai yang diamanatkan dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang di tuangkan dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 yang bahwa tugas penyelenggara Penanggulangan Bencana tersebut di tangani oleh Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) di tingkat Pusat dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di tingkat daerah.
Penyelengaraan Penanggulangan Bencana meliputi Pra Bencana, saat tanggap darurat dan Paska Bencana. Pada tahap paska bencana meliputi Peralatan dan Logistik. Penyelenggaraan Kegiatan Simulasi Peralatan Teknis harus selaras dengan rencana pembangunan baik ditingkat Daerah maupun ditingkat Nasional, dengan perencanaan yang matang, system matis dan terencana.
Dari pengalaman kejadian bencana beberapa waktu yang lalu, dan masih dirasakan hingga sekarang adalah masalah dukungan peralatan penanggulangan bencana, terutama pada periode kesiapan dan tanggap darurat cepat, tepat memerlukan kompenen-komponen antara lain : SDM, Sarana Prasarana Peralatan Teknis, Komunikasi -Transportasi.
Permasalahan pada peralatan penanggulangan bencana sangat komplek. Disatu sisi memberikan pelayan pada para pelaku penanganan bencana, di sisi lain harus memberikan pelayanan pada korban bencana dalam waktu yang bersamaan dan jumlah yang besar. Untuk memberikan pelayanan yang optimal maka aspek sumber daya manusia dalam mengoperasinalkan peralatan sangatlah diperlukan. Saat ini peralatan penanggulangan bencana bukan monopoli salah satu instansi teknis , beberapa instansi yang karna tugas dan fungsi juga memerlukan dukungan perelatan teknis lain yang harus dimiliki oleh instansi tersebut, untuk itu guna mengoptimalkan operasional peralatan teknis maka Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua akan melakukan Apel Siaga Simulasi Peralatan Teknis (Tenda Lapangan/Pengungsi), dalam Rangka HKBN yang jatuh pada tanggal 26 april 2024, yang akan di dukung oleh SDM BPBD Provinsi Papua dan BPBD Kab/Kota lainnya yang mempunyai tugas Penanggulangan Bencana.

Pada Simulasi Peralatan Teknis (Tenda Lapangan/Pengungsi), akan didukung oleh SDM BPBD Provinsi Papua dan BPBD Kab/Kota lainnya yang mempunyai tugas dan fungsi teknis dalam penanggulangan bencana yang meliputi pemanfaatan dan penggunaan tenda lapangan/pengungsi.

Leave a Reply