BANJIR BANDANG KABUPATEN JAYAPURA

Jayapura, Kabupaten Sentani mengalami kejadian banjir bandang (17/03) yang memakan begitu banyak korban jiwa, lokasi terdampak banjir bandang Sentani terbagi menjadi 3 Kabupaten dan 1 Kota Jayapura,yaitu Kabupaten Sentani, Keerom, Merauke dan Kota Jayapura.

Akibat curah hujan deras (Sabtu, 16/03) pada Pukul 17.00 WIT yg mengakibatkan banjir yang meluap dengan intensitas yang sangat tinggi yaitu sekitar 248 MM.

Perencanaan tahap transisi darurat dan rehabilitasi – rekonstruksi untuk pembudidayaan lingkungan yang terdampak banjir terutama gunung CA Cycloop.

Adapun wujudan untuk pengelolaan lestari CA Cycloop agar gunung CA Cycloop kembali lestari dan dapat digunakan seperti sedia kala.

Maksud dari gambar di atas adalah kawasan/hutan konservasi, hujan produksi, dan hutan lindung yg harus dijaga, kemudian strategi-nya yaitu setelah di lindungi di simpan, di pelajari, dan di gunakan manfaat hutan itu sebaik- baik-nya, ada pun 3 poin yg harus selalu diingat, berikut ketiga poin tersebut :

  1. utilization atau penggunaan yaitu penggunaan untuk optimalisai penggunaan hasil hutan kayu dan non kayu,
  2. rehabilitation atau rehabilitasi yaitu penggunaan rehabilitasi untuk peningkatan produktifitas hutan dan lahan, kesejahteraan masyarakat, dan peningkatan pendapatan hasil daerah
  3. conservation atau konservasi berguna untuk menyimpan dan menjaga hasil hutan yang bisa di kelola berupa pemeliharaan kekayaan sumberdaya papua, pemeliharaan area konservasi yg ada, promosi area konservasi taman nasional (lama/ baru),  dan konstribusi terhadap lingkungan global.

Masalah yang sedang di hadapi itu berupa tekanan gangguan yg dimana gangguan ini yg mengakibat-kan turun-nya penjagaan dan keamanan gunung CA Cycloop kedua yaitu kawasan pemukiman yg kurang memadai. Kebutuhan yg di butuhkan yaitu berupa sosial, ekologi, dan ekonomi yg dimana mencakup semua kebutuhan untuk perencanaan serta keberhasilan untuk pelestarian gunung CA Cycloop itu sendiri harus segera di tingkat-kan kepada instansi yang terkait.

Kalaksa BPBD Provinsi Papua dan dinas kabupaten/kota jayapura dan instansi lain yg terkait untuk saat ini telah melakukan penanganan warga di lokasi bencana banjir bandang sentani. (25/03)

Tanggap Darurat Kabupaten Ayapo – Khalkot
Gubernur beserta TNI dan Polri yang turun ke lapangan memberikan arahan mengenai bencana banjir bandang kepada masyarakat

Leave a Reply