Tingkat Ketangguhan Desa, ini yang dinilai di Desa/Kelurahan

Foto FGD hasil Penilaian Ketangguhan Desa

Jayapura, 20 Oktober 2023. Program Fasilitasi Penguatan Ketangguhan Masyarakat di wilayah Kota Jayapura telah memasuki Tahapan Penilaian Ketangguhan Desa Awal untuk menilai kemampuan sistem komunitas atau masyarakat yang terkena bencana untuk melawan, menyerap, menampung dan pulih dari dampak bencana secara efisien

Terdapat 5 (lima) komponen, 32 indikator dan 128 pertanyaan dalam proses penilaian ini. Komponen ini adalah Layanan dasar, Peraturan dan kebijakan PB, Pencegahan dan mitigasi, Kesiapsiagaan darurat, Kesiapan pemulihan.

Peserta yang terlibat dalam Penilaian PKD sejumlah 30 (tiga puluh) orang unsur masyarakat, Aparatur Desa, serta Fasilitator Desa. Penilaian Ketangguhan Desa berlangsung lancar di Kelurahan Hamadi, Kelurahan Mandala, Kelurahan Bhayangkara, Kelurahan Tanjung Ria, Desa Holtekamp, dan Desa Skouw Mabo di dampingi oleh Fasilitator Kota.

Proses diawali dengan Pengumpulan Data Penilaian Ketangguhan Desa (PKD), Verivikasi Data PKD, dan FGD Hasil PKD dimana seluruh keterlibatan peserta yang hadir bersama-sama mengumpulkan dan memverivikasi data yang terdapat didalam 5 Komponen penilaian, selanjutnya setelah mendapatkan nilai dan Tingkat Ketangguhan Desa/Kelurahan, kesepakatan hasil PKD ini dituangkan dalam Berita Acara Penyepakatan Hasil PKD sebagai data awal Ketangguhan Desa/Kelurahan.

Output yang dicapai adanya hasil di setiap Desa/Kelurahan mendapatkan Tingkat Ketangguhan dengan indeks nilai yaitu Pratama  < 58,83, Madya 58,88-83,33, serta Utama >83,33 . Berdasarkan penilaian ketangguhan bencana yang telah dilakukan diberikan Rekomendasi Kerangka Aksi Peningkatan Ketangguhan Bencana disetiap komponen yang telah dinilai.

Leave a Reply